Cegah Diare, Dinkes Bagi kaporit

427

PEKALONGAN-Pasca banjir yang melanda sejumlah wilayah, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekalongan akan membagikan kaporit kepada warga terdampak banjir. Kaporit akan ditaburkan ke dalam sumur-sumur warga yang sebelumnya sudah tercampur air banjir.

Kabid Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Kota Pekalongan, Tuti Widayati, mengatakan kaporit yang dibagikan bertujuan untuk mengantisipasi mewabahnya kasus diare pasca banjir.

“Banjir kemarin menggenangi sejumlah kelurahan di Kota Pekalongan. Untuk itu, kami membagikan kaporit kepada warga untuk ditaburkan ke sumur-sumur warga. Tujuannya, agar air sumur warga terhindar dari kuman dan virus penyebab penyakit,” ucapnya kemarin.

Pasca banjir, jelasnya, petugas Puskesmas terus mendata rumah warga yang memiliki sumur. Kemudian membagikan kaporit kepada warga. “Sejak banjir, kami sudah mendata. Kini warga akan diberi kaporit. Sebagian lagi sambil menunggu banjir benar-benar surut,” terusnya.

Ditambahkan Tuti, pemberian kaporit tidak terbatas pada rumah warga yang tergenang banjir. Tetapi di semua rumah warga yang ada di Kota Pekalongan.

Petugas Puskesmas juga mendatangi posko-posko pengungsian dan memeriksa kesehatan warga yang berada di pengungsian untuk memeriksa kesehatan warga disana.

“Program kaporitisasi akan dilaksanakan ke semua warga Kota Pekalongan, setelah semua banjir dinyatakan surut. Namun sebagian yang mendesak, sudah kami lakukan diantisipasi,” tandasnya. (han/ida)