Pencuri Spesialis Burung Kijau Ditangkap Warga

557

DEMAK – Kawanan pencuri spesialis burung-burung mahal alias burung kicauan, kemarin berhasil dibekuk warga. Pelaku diketahui bernama Hadiyono, 36, warga Desa Tempuran RT 03 RW 01 Kecamatan Demak Kota, dan temannya Ngatono, 33, warga Karanggawang Barat RT 13 RW 14 kecamatan Tembalang Semarang.

Keduanya ditangkap warga usai gagal mengambil burung Murai Sumatra milik Kisyanto, 60, Kampung Genggongan RT 06 RW 02 Kelurahan Mangunjiwan Demak Kota. Kini kedua pelaku masih menjalani pemeriksaan di Polres Demak guna penyidikan lebih lanjut.

Kapolres Demak AKBP Heru melalui Kasubag Humas AKP Zamroni menjelaskan tertangkapnya kedua pelaku bermula saat korban sedang melihat televisi di dalam rumah. Tanpa sengaja, korban melihat gerak-gerik mencurigakan para pelaku dari balik jendela. Kedua pelaku nampak melihat lingkungan sekelilingnya, seolah-olah memastikan keadaan sekitar tidak ada orang. “Waktu itu saya melihat TV, ada orang yang mencurigakan di teras, dia tidak melihat saya yang ada dibalik jendela,” ujar korban kepada petugas.

Ternyata kecurigaan korban benar adanya, pelaku ternyata kedapatan akan mengambil burung berkicau jenis jenis muray dari sumatera yang berada di teras rumah korban. Seketika itu juga korban meneriaki keduanya dengan berteriak “maling-maling”. Merasa usahanya ketahuan pemilik rumah, pelaku berusaha melarikan diri dengan menghampiri temannya yang sudah siap menunggu di depan rumah dengan menggunakan motor Honda Revo nopol H-5083-VR.

Keduanya saat itu berhasil kabur melarikan diri dengan tancap gas kencang-kencang. Namun usaha mereka untuk kabur tidak membuahkan hasil. Sebab gang yang mereka lewati ternyata adalah gang buntu, sehingga warga berhasil mengamankan keduanya dan menyerahkan kepada petugas. (adi/jpg/zal)