Pengumuman CPNS Gunakan Blog Itu Palsu

409

SEMARANG – Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) saat ini masih menjadi idola dikalangan masyarakat. Namun sayangnya, hal itu juga dibarengi dengan penipuan berkedok seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Meski moratorium penerimaan CPNS masih diberlakukan, puluhan blog di dunia maya masih saja menginformasikan seputar penerimaan CPNS.

Berdasarkan penelusuran pada salah satu blog oleh Jawa Pos Radar Semarang, rekrutmen CPNS dilakukan dengan cara mengisi biodata pribadi si pelamar. Setelah itu, pelamar harus menunggu konfirmasi dari pihak pengelola blog tersebut untuk dilakukan tindakan selanjutnya.

Menurut Pakar Ilmu IT Universitas Dianuswantoro (Udinus), Solichul Huda, hal tersebut merupakan bentuk cyber crime. Saat ini Indonesia tengah menuju bangsa digital. Selayaknya penyiapan warga negaranya tentang pengetahuan dasar dunia digital termasuk kejahatan yang mungkin terjadi seharusnya sudah diberikan mulai dari awal. ”Sebetulnya penipuan dari dulu sampai sekarang di Indonesia tipenya itu sama, yaitu menggunakan tema tema social engineering, yaitu yang menarik seseorang dan membuatnya lupa berpikir jernih,” kata Huda kepada Jawa Pos Radar Semarang, Selasa (9/2).

Menurut Huda, pengumuman apa pun melalui sebuah blog dijamin 100 persen palsu. Masyarakat perlu mengetahui alamat web pemerintah yang resmi dan tidak. ”Misalnya Indonesia pasti go.id. Selain website tersebut, pengumunan yang berhubungan dengan pemerintah pasti palsu,” katanya.

Sehingga pemerintah juga harus menegaskan yang boleh memberi info tentang kepegawaian PNS di website go.id. Selain itu PNS juga harus dilarang memberi keterangan tentang pemerintahan terkait penerimaan CPNS di web atau blog pribadi untuk menghindari penipuan. ”Penipuan model ini juga sama dengan penipuan hadiah, di mana mereka menerangkan yang lain itu penipuan dan mereka yang asli,” katanya.