Bonbin Mangkang Akan Jadi Perusda

938

SEMARANG – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pembentukan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Taman Margasatwa Semarang menjadi Perusahaan Daerah (Perusda) telah masuk Program Legislasi Daerah (Prolegda) 2016. Artinya, Raperda tersebut akan segera ditindaklanjuti oleh DPRD Kota Semarang untuk kemudian ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Masdiana Safitri, mengatakan, Pemkot Semarang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata telah menyerahkan draf Raperda kepada DPRD Kota Semarang. Ia berharap, Raperda tersebut segera disetujui sehingga pengelolaannya lebih maksimal. ”Kalau sudah disetujui tinggal mengembangkan,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Semarang, kemarin.

Dengan menjadi Perusda, terang dia, objek wisata yang dikenal dengan nama Kebun Binatang (Bonbin) Mangkang itu akan mendapatkan sertifikasi. Sehingga dapat digunakan untuk menambah koleksi satwa yang telah ada. Selain itu, juga dapat melakukan tukar-menukar satwa dengan bonbin yang lain. ”Selama ini, langkah tersebut belum bisa kami lakukan,” katanya.

Ia menambahkan, manfaat lain dengan menjadi Perusda adalah sistem pengelolaan maupun fasilitas sarana prasarana dipastikan akan terus meningkat. Sehingga harapan menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik bagi masyarakat Kota Semarang dan warga Jawa Tengah akan segera terwujud. ”Hal ini tentu akan menambah PAD (pendapatan Asli Daerah) Kota Semarang lebih besar lagi,” ujarnya.

Terpisah, Ketua DPRD Kota Semarang, Supriyadi, mengaku, mendukung upaya Pemkot Semarang menjadikan Taman Margasatwa Semarang menjadi Perusda. Sebab, jika dikelola secara profesional diharapkan Bonbin Mangkang akan semakin berkembang. ”Selama ini pendapatan dari Bonbin belum maksimal,” katanya.