Makanan Siap Saji Picu Stroke

446

SEMARANG – Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol dapat mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah. Sehingga, dapat mudah terserang penyakit stroke. Hal itu dikatakan Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Agustinus Jarwadi pada peringatan Hari Sakit Sedunia (HOS) ke-24 di Rumah Sakit St Elisabeth, Kamis (11/2).

Apalagi, pada zaman modern seperti ini, banyak dijumpai makanan yang memiliki kandungan kolesterol tinggi, sehingga akan berpotensi menambah jumlah penderita stroke. ”Pola makan perlu benar-benar dijaga, pada era sekarang ini banyak sekali ditemukan makanan yang menjadi penyebabnya,” katanya.

Gaya hidup masyarakat modern yang lebih menyukai hidangan siap saji juga menjadi salah satu faktor tumbuh suburnya penyakit ini. Makanan siap saji, menurut Agustinus memiliki tingkat stressor yang tinggi.

”Di mana bahan baku makanan yang digunakan juga tidak baik buat kesehatan tubuh serta dapat pula meningkatkan stres pada diri jika dikonsumsi secara terus-terusan,” katanya. Beberapa makanan siap saji, sebagai contoh seperti yang beredar di sekolah-sekolah. Di sekolah sendiri, banyak dijajakan makanan ringan siap saji, yang kebersihannya masih perlu diperhatikan. Dampak yang ditimbulkan tidak secara langsung, namun lebih ke perlahan dan jangka panjang. ”Sejak dini orang tua juga harus memperhatikan hal itu, agar ketika anak dewasa tidak mudah terserang penyakit yang bersumber dari kolesterol,” tuturnya.

Pada peringatan HOS tersebut, RS St Elisabeth juga menyambangi seluruh pasien stroke yang kebetulan tengah antre periksa di poli spesialis. Mereka juga mengajarkan bagaimana proses cuci tangan yang benar. Selama ini, banyak masyarakat yang tidak mengindahkan kebersihan tangan. Padahal, awal mula penyakit bisa masuk ke dalam tubuh adalah melalui kondisi tangan yang kotor pada saat mengonsumsi sebuah makanan. (ewb/ric/ce1)