RZ Luncurkan Sharing Happiness

525

SEMARANG – Rumah Zakat (RZ) meluncurkan Sharing Happiness, sebuah gerakan berbagi untuk menyebarkan kebahagiaan melalui perbaikan kondisi sosial kemasyarakatan di 723 kelurahan dan desa yang tersebar dari Aceh hingga Papua. Adapun pemilihan wilayah tersebut berdasarkan assessment yang dilakukan oleh Fasilitator Integrated Community Development (ICD). Diharapkan dengan menggulirkan kampanye Sharing Happiness, RZ bersama masyarakat bisa memberikan kontribusi dalam indeks pembangunan melalui beragam program pemberdayaan.

”Sharing Happiness adalah gerakan lanjutan dari Berbagi Senyum, Senyum Berbagi yang diluncurkan tahun 2014 dan dilanjutkan hingga akhir 2015. Alhamdulillah tahun lalu, RZ bersama para donatur, mitra, dan relawan telah merealisasikan 4.487.649 layanan manfaat dari program pemberdayaan di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan lingkungan yang berada di 723 kelurahan dan desa yang kami sebut dengan wilayah Intergrated Community Development atau ICD,” ungkap CEO RZ Nur Efendi.

Di bidang kesehatan, RZ bersama donatur telah membangun 7 Klinik Pratama RBG dan juga mengoperasikan 64 ambulans gratis. Sementara dalam bidang pendidikan, sebanyak 15 Sekolah Juara yang terdiri atas 11 SD, 3 SMP dan 1 SMK telah memberikan pendidikan gratis berkualitas bagi 1.912 anak-anak dari keluarga kurang mampu. Selain itu untuk mendukung pemenuhan kebutuhan pendidikan anak-anak Indonesia, 11.236 anak mendapatkan beasiswa dan tiga Mobil Juara beroperasi secara reguler.

Dalam bidang ekonomi, lanjut dia, RZ bersama donatur dan relawan telah membantu sebanyak 938 pengusaha kecil untuk mandiri. Sementara di bidang lingkungan, telah berdiri sebanyak 46 Bank Sampah dan juga 13 Kebun Gizi hingga akhir 2015. ”Melalui gerakan Sharing Happiness, kami berharap dapat mewujudkan lebih banyak sinergi dari berbagai pihak agar semakin banyak membantu masyarakat yang membutuhkan agar dapat hidup lebih bahagia,” ungkap Nur Efendi. (ril/aro/ce1)