Berlaku Seumur Hidup, E-KTP Tak Perlu Diperbarui

586

SEMARANG – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Semarang, Mardiyanto mengatakan bahwa Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) saat ini berlaku seumur hidup. Karenanya, kartu tersebut tidak perlu diperbarui meski masa berlaku yang tertera di dalamnya telah habis.

”Dengan demikian, apabila setiap warga yang memiliki e-KTP berkedaluwarsa maka diminta untuk tetap menggunakannya karena database warga tersebut masih tercatat di Dispendukcapil,” ujarnya, kemarin.

Ia menjelaskan, berdasarkan amanat UU No 24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan yang ditindaklanjuti surat Kementerian Dalam Negeri yang ditandatangani 29 Januari 2016 lalu disebutkan penggunaan e-KTP dapat digunakan seumur hidup apabila tidak mengalami perubahan data diri. ”Jika ingin mengubah data diri seperti pindah alamat baru dibuatkan yang baru,” imbuhnya.

Ditambahkan dia, pemberlakuan seumur hidup ini hanya berlaku untuk e-KTP. Karenanya, bagian masyarakat yang belum melakukan perekaman dapat segera melakukannya di sejumlah tempat yang disediakan. ”Setiap Minggu pagi kami sediakan mobil keliling perekaman data milik Dispendukcapil yang ada di kegiatan car free day di Jalan Pahlawan,” terangnya.

Selain itu, lanjut dia, Dispendukcapil juga akan melakukan upaya jemput bola dengan menyisir wilayah pinggiran. Mereka yang belum melakukan perekaman data akan didatangi mobil keliling milik Dispendukcapil. ”Sementara ini masih ada lebih dari 150 ribu warga Kota Semarang yang belum melaksanakan perekaman,” tukasnya. (fai/zal/ce1)