Usaha Mikro Disediakan Pinjaman Lunak

471

PEKALONGAN-Para pengusaha kecil menengah di Kota Pekalongan, dalam waktu dekat mendapatkan bantuan pinjaman penambahan modal usaha. Setelah Pemkot Pekalongan bekerja sama dengan Bank Jateng untuk menyediakan akses pinjaman melalui program Kredit Usaha Produktif (KUP).

“Program yang sudah sukses di Kudus tersebut, akan menyasar ratusan pengusaha mikro kecil di Kota Pekalongan agar dapat mengembangkan usahanya lebih besar lagi,” kata Kepala Bagian Perekonomian Setda Kota Pekalongan, Setiyo Susilo.

Menurutnya, KUP adalah pinjaman usaha bagi pengusaha mikro kecil dengan besaran antara Rp 5 juta hingga Rp 20 juta. Tingkat suku bunga pinjaman hanya mencapai 9 persen per tahun dan tanpa jaminan maupun biaya administrasi. “Syaratnya juga mudah, cukup punya usaha dan mengantongi surat keterangan dari lurah dan camat setempat,” kata Setiyo.

Saat ini, Pemkot masih melakukan proses perjanjian dengan Bank Jateng sebelum merealisasikan bantuan pinjaman tersebut. Perjanjian kerjasama juga akan dilakukan dengan Jamkrindo sebagai pemberi jaminan.

“Kami harus membuat perjanjian dulu dengan Bank Jateng dan Jamkrindo. Setelah itu, bantuam pinjaman baru bisa diakses. Rencananya, program KUP akan di-launching pada Hari Jadi Kota Pekalongan,” tuturnya.

Setelah bantuan pinjaman resmi bisa diakses, Bagian Perekonomian juga akan bekerjasama dengan SKPD lain untuk mendata pengusaha mikro dan kecil. Pendataan akan dimulai dari tingkat kelurahan dan kecamatan serta instansi yang menangani tentang usaha mikro dan kecil yaitu Disperindagkop. Setelah data lengkap, akan diserahkan kembali ke Bagian Perekonomian untuk kemudian diserahkan ke Bank Jateng.