Konsumsi Miras, 8 ABG Diamankan

430

SLAWI – Sedikitnya 8 anak baru gede (ABG) diamankan Satpol PP Kabupaten Tegal, Rabu (17/2) sore. Mereka diamankan karena dipergoki tengah menenggak minuman keras (miras) di kawasan Alun-Alun Slawi (AAS).

Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban (Tramtib) Satpol PP Kabupaten Tegal, Abadi Amanto mengaku penangkapan itu diawali dari laporan warga yang resah dengan adanya sekelompok remaja yang sedang mengkonsumsi miras di kawasan AAS. Abadi kemudian mengerahkan 1 regu petugas Satpol PP untuk menyisir ke lokasi.

“Ternyata benar, ada sekelompok remaja yang sedang mabuk di trotoar sebelah timur Radio Slawi FM. Mereka langsung kami bawa ke kantor Satpol PP berikut barang buktinya,” kata Abadi didampingi Kasi Binum Satpol PP, Tabah Topan Widodo.

Hasil dari pendataan, kata Abadi, mereka masih berstatus pelajar SMP dan SMA. Mereka berasal dari Kecamatan Dukuhwaru yang meliputi Desa Selapura, Blubuk, dan Slarang Lor. Selain itu, ada beberapa yang berasal dari Desa Dukuhdamu Kecamatan Lebaksiu. Hasil dari pengakuan mereka, miras tersebut dibeli di Desa Gumayun Kecamatan Dukuhwaru. Sementara saat ditanya kenapa mengkonsumsi miras, para ABG itu mengaku hanya untuk menghilangkan rasa penat. “Katanya untuk menghilangkan pusing di kepala,” ujar Abadi yang mengaku akan menyerahkan sekelompok remaja itu ke Polres Tegal.

Menurut dia, kejadian itu bukan kali pertama. Karenanya, dia berharap kepedulian masyarakat terutama para orang tua dalam pengawasan terhadap anak. Orangtua harus memberikan pembinaan dan pengarahan kepada anak supaya tidak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan hukum. “Utamakan pendidikan dan ibadah. Kurangi nonton televisi,” tandasnya. (yer/jpnn/ric)