Tiongkok Ingin Kembangkan Sistem Transportasi di Semarang

495

SEMARANG – Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) untuk kali kesekian kembali mengunjungi Pemerintah Kota Semarang, Kamis (18/2). Kali ini, mereka menawarkan kerja sama dalam berbagai bidang. Salah satunya adalah pengembangan sistem transportasi di Kota Lunpia ini.

Rombongan yang dipimpin Duta Besar Tiongkok untuk ASEAN, Xu Bu itu diterima langsung oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di ruang VIP Komplek Balai Kota Semarang. Hadir juga dalam kesempatan itu sejumlah pengusaha dari Negeri Tirai Bambu tersebut.

Usai pertemuan, Xu Bu mengatakan bahwa banyak potensi investasi yang dapat dijajaki dan menjadi bidang kerja sama antara Pemerintah Tiongkok dan Pemkot Semarang. Selain transportasi, sektor telekomunikasi dan kelistrikan juga diklaim dapat dikembangan. ”Kita bisa berbuat banyak untuk mendukung pembangunan di Kota Semarang,” ujarnya.

Dia menambahkan, secara historis antara Tiongkok dan Kota Semarang memiliki keterkaitan yang erat. Hal itu dibuktikan dengan datangnya Laksamana Cheng Ho hingga kemudian dibangun Sam Poo Kong yang menjadi salah satu tujuan wisata di Kota Semarang. ”Kami tidak hanya mendukung secara finansial, tetapi juga teknisi yang berkompeten,” imbuhnya.

Hendrar Prihadi menyambut baik atas tawaran tersebut. Menurutnya, sistem transportasi di Kota Semarang perlu ditingkatkan lagi sehingga lebih bagus dan lebih modern. Kendati demikian, pihaknya menyatakan akan mengkaji terlebih dahulu sehingga tidak melanggar aturan. ”Mudah-mudahan ada titik terang,” kata wali kota yang baru sehari dilantik itu.

Ia menambahkan, pada prinsipnya pemkot selalu memberikan kemudahan investasi baik dari segi infrastruktur, sarana transportasi, serta sumber daya manusia yang memadai. Karenanya, ia mengaku sangat terbuka dengan sejumlah penawaran khususnya untuk mengembangkan Kota Semarang. ”Mana ada orang mau dibantu kok menolak. Tapi kami tidak langsung menerimanya sebelum ada titik temu terkait regulasinya,” terang Hendi, sapaan akrabnya. (fai/zal/ce1)