Wisata Minat Khusus Perlu Branding

602

Jenis destinasi yang dapat masuk ke dalam wisata minat khusus antara lain, treking, hiking, rafting, dan heritage. ”Melihat sunrise itu juga merupakan sebuah minat khusus. Karena minat khusus ada experience,” tuturnya.

Pengemasan serta branding destinasi wisata di Jateng akan terus digenjot guna meningkatkan jumlah wisatawan yang ada di Jawa Tengah. Seperti halnya pembangunan akses jalan menuju Candi Selogriyo, Magelang.

”Saat ini akses menuju destinasi tersebut serta infrastruktur pendukung masih minim, sehingga akan kita tingkatkan dan perbaiki,” katanya. Destinasi wisata seperti Candi Selo merupakan jenis wisata dengan peminat khusus, di mana akan didominasi oleh masyarakat internasional.

”Melihat lokasinya memang sangat pas jika dilihat trekking-nya, ini sangat disukai masyarakat internasional,” katanya. Wisatawan ketika menuju lokasi candi yang berada di kaki Gunung Sumbing tersebut akan disuguhi pula agrowisata berupa sistem pertanian serta lika-liku jalan menuju candi.

”Kita akan mencari sesuatu terkait dengan pengemasan. Seperti halnya menggali sebuah sisi lain dari destinasi wisata dan mengemasnya menjadi lebih bagus lagi,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Jateng, Prasetyo Ariwibowo menambahkan, branding destinasi wisata di Jawa Tengah terus dilakukan. Potensi yang dimiliki masing-masing destinasi sangatlah potensial. (ewb/ric/ce1)