Haris, Calon Terkuat Balon Wali Kota PKS

470

SALATIGA – Tiga nama bakal calon wali kota dan wakil wali kota yang akan diusung DPD PKS dalam Pilwalkot 2017 mendatang telah beredar. Meski belum diumumkan, kabar mengenai hasil Pemilu Umum Internal (PUI) PKS tidak jauh dari yang diprediksikan. Tiga nama tersebut adalah Wakil Wali Kota Muh Haris, Wakil Ketua DPRD Kota Salatiga Fathur Rahman, serta Ketua DPD PKS dan juga anggota Komisi C DPRD Kota Salatiga Latif Nahary. “Dua nama memang sudah diprediksi sejak awal, yakni Pak Haris dan Pak Maman (Fathur Rahman, Red),” terang salah satu sumber yang enggan disebutkan namanya.

Lebih lanjut sumber tadi mengatakan, jika kemungkinan besar PKS akan memunculkan kembali nama Muh Haris sebagai calon yang akan diusung dalam Pemilihan Wali Kota 2017 mendatang. “Meski banyak yang ingin tokoh muda, namun semua melihat kondisi lapangan,” jelas dia.

Bahkan ia juga menjelaskan kemungkinan akan dilakukan pematangan di daerah, sehingga hanya akan menyetor satu nama ke DPW dan DPP untuk disahkan sebagai calon.

Terpisah, Fathur Rahman saat dikonfirmasi menyatakan, sebaiknya masyarakat menunggu pengumuman resmi dari partai. Ia menjelaskan, mekanismenya, jika hasil PUI akan muncul tiga nama, dan selanjutnya nama-nama yang muncul akan disetor ke DPW dan DPP untuk dibahas.

Dan nantinya akan turun satu nama. Saat disinggung dirinya akan maju atau tidak jika hasilnya benar seperti itu, ia tidak menjawab dan menyaakan semua melihat perkembangan situasi ke depan nantinya.

Pengurus DPD PKS Kota Salatiga, Sularman, menyatakan, pihaknya berusaha mengerucutkan calon menjadi satu nama untuk dikirim ke DPW atau DPP. Dan dia mengakui kemungkinan besar memang Muh Haris.

Muh Haris saat ditemui menyatakan, dirinya siap menerima instruksi partai. Soal siapa yang ditunjuk oleh DPP, ia akan mendukungnya. “Tiga besar pemilu internal kemarin, saya, Pak Maman dan Pak Latif, semua baik. Siapapun yang diberi mandat harus didukung bersama,” jelas Haris. (sas/aro)