Ronny Pojokkan Pemasang Iklan Advetorial

401

KRAPYAK – Koordinator Divisi Bidang Korupsi, Politik dan Anggaran pada Komite Penyidikan Pemberantasan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KP2KKN) Jawa Tengah, Ronny Maryanto menyatakan bahwa perkara dugaan pencemaran nama baik kepada Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon saat melakukan kampanye pemenangan Prabowo-Hatta di Pasar Bulu Semarang pada 2014 lalu bukan kesalahan dirinya.

Hal itu disampaikan Ronny melalui kuasa hukumnya, Mustain dalam sidang beragendakan pembelaan (pledoi) di Pengadilan Negeri (PN) Semarang. Menurut Mustain, hal tersebut juga sudah ditegaskan Fadli Zon saat memberikan kesaksian dalam persidangan. Selain itu, sudah terungkap fakta, inti persoalan ini adalah munculnya berita advetorial di salah satu media di Jateng, bukan pernyataan Ronny yang ada di media itu. ”Sesuai etika hukum pers, setelah seseorang memberikan hak jawab atas pemberitaan yang dianggap merugikan, maka hal itu tidak dapat dibawa ke ranah pidana,” kata Mustain di hadapan majelis hakim yang dipimpin, Ahmad Dimyati SH MH.

Mustain juga menyebutkan dalam persidangan terungkap adanya kesaksian dalam berita acara yakni saksi Chris Setyadi Suhendra yang tidak lain adalah salah satu tim kampanye pemenangan Jokowi-JK. Dalam kesaksiannya, Chris mengatakan mendapat informasi dari saksi Shinta Kamdani yang juga relawan Jokowi-JK tentang adanya kerja sama pemasangan iklan berita ’Bagi-Bagi Uang di Pasar, Fadli Zon Terancam Dua Tahun Penjara’ itu. ”Sehingga jelas, bahwa terdakwa Ronny bukanlah pihak yang harus bertanggung jawab atas hal ini,” tandasnya.

Dengan adanya fakta tersebut, lanjut Mustain, pihaknya meminta hakim membebaskan kliennya, Ronny Maryanto dari dakwaan dan tuntutan jaksa penuntut umum. Menurutnya dalam persidangan, tidak terungkap bukti yang menyatakan bahwa kliennya Ronny bersalah. ”Dari proses persidangan, tidak ditemukan fakta bahwa terdakwa Ronny Maryanto adalah pihak yang bersalah. Untuk itu, cukup bagi hakim untuk membebaskan terdakwa dari segala tuntutan jaksa,” sebutnya. (jks/zal/ce1)