Persani Fokus Genjot Fisik

569

SEMARANG – Pengprov Persatuan Senam Indonesia (Persani) Jateng akan memaksimalkan pemusatan latihan. Saat ini, 12 pesenam yang lolos ke PON XIX 2016 Jabar, September mendatang, tengah digenjot pada fase persiapan umum di Laboratoriun olahraga FIK Unnes.

Pada fase tersebut, program latihan fokus pada pengembalian kondisi atlet. Berkaca dari babak kualifikasi lalu, pesenam provinsi ini masih kurang dalam hal fisik.”Sejauh ini progres anak-anak cukup baik di persiapan umum ini. Kami akan terus memantau perkembangan mereka hingga persiapan khusus. Mereka akan menjalani tes fisik minggu depan yang merupakan evaluasi latihan di persiapan umum. Dari situ, akan didapatkan kondisi riil terakhir atlet sebelum masuk ke persiapan khusus,” jelas Sekretaris Umum Persani Jateng Tommy Soenyoto.

Setelahnya, pada persiapan khusus nanti atlet lebih fokus pada nomor spesialisasinya. Saat berlomba pada Pra-PON XIX lalu, secara umum teknik pesenam Jateng masih kurang. Karenanya, pada pelatda ini persoalan teknik juga mendapat porsi yang cukup. Tommy mencontohkan, pesenam Jateng yakni Guntur yang meraih perak di nomor gelang-gelang.”Dengan penguatan pada program spesialisasinya, akan lebih maksimal saat PON XIX nanti. Diharapkan, bisa meningkatkan prestasi saat tampil di Jabar nanti,” tutur dosen FIK Unnes tersebut.

Lebih lanjut pihaknya mengatakan, Persani Jateng juga tengah merancang program try out bagi pesenam. Ada dua daerah yang dituju untuk program tersebut yakni Surabaya dan Jakarta.”Untuk pesenam artistik akan beruji coba ke Suarabaya. Sedangkan Jakarta bagi pesenam nomor aerobik/ritmik. Program ini lebih menitik beratkan pengenalan alat kepada atlet Jateng. Dengan demikian, saat PON XIX nanti lebih siap,” tutur dia.

Diakuinya, persalan alat memang menjadi kendala bagi Persani Jateng. Kendati demikian, Tommy tetap optimistis Jateng bakal mampu memperbaiki prestasi pada ajang multievent empat tahunan tersebut. (bas)