Gelar Baksos hingga Ajak Tinggalkan Balap Liar

Lebih Dekat dengan The Auto Brothers Community Chapter Semarang

686

Saat touring bersama juga menggunakan pengawalan dari kepolisian. Menurutnya, pengawalan ini penting dilakukan dengan tujuan supaya tidak mengganggu pengguna jalan lain.

”Saat touring supaya lancar di perjalanan, kita menggunakan pengawalan Patwal, supaya ada koordinasi dengan sekitarnya. Kalau berhenti, kita seringnya di warung atau pom bensin,” katanya.

Saat touring, kata dia, ada pengalaman pahit dan manisnya. Misalnya, saat dalam perjalanan, tiba-tiba mesin mobil ngadat. ”Tapi itu tidak menjadikan masalah. Kami saling bahu-membahu sesama member. Mereka kan ada yang tahu mesin, jadi kita bisa saling membantu. Enaknya pada saling mengerti, tidak ada kata egois,” ujarnya.

Dikatakan, sebelum perjalanan jauh, ia selalu rutin melakukan pengecekan mesin mobilnya. Selain itu, ia selalu membawa peralatan bengkel lengkap jika sewaktu-waktu mesin trobel.

”Saya mesti cek semua, mulai mesin, ban, rem, lampu dan lainnya. Kita pastikan dalam kondisi baik, supaya aman selama perjalanan. Pernah saya menolong mobil teman yang mogok saat turun dari Dieng. Untung saat itu saya bawa peralatan bengkel lengkap,” kenangnya.

Selain touring dan kopi darat, The Auto Brothers Community juga menggelar bakti sosial (baksos) ke tempat anak yatim. Tujuannya, untuk membantu sesama manusia dan bukan sekadar pencitraan komunitasnya. ”Baksos ini rutin kami gelar setiap bulan puasa selama 3 tahun terakhir. Kami menyalurkan sembako, pakaian pantas pakai dan sejumlah uang. Saat Gunung Merapi meletus lalu, kami juga memberikan bantuan kepada warga yang tertimpa musibah,” katanya.

Saat ini, kata dia, aktivitas yang dilakukan komunitasnya melakukan sosialisasi kepada berbagai komunitas kendaraan roda dua maupun roda empat. Menurutnya, agenda ke depan yang dilakukan yakni bergandeng tangan dengan komunitas kendaraan baik roda dua dan empat untuk meninggalkan drag atau balap liar di jalanan.

”Selama ini masih ada oknum yang seneng balap liar di jalan raya. Maka kita akan dekati mereka supaya bisa meninggalkan yang negatif. Kita ajak menyalurkan bakat di sirkuit yang resmi,” katanya.