Perpustakaan Keliling Hingga Pelosok

603
KAGUM : Bupati Batang dan Forkominda saat mengecek Perpustakaan Keliling yang dilengkapi teknologi canggig. (LUTFI HANAFI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
KAGUM : Bupati Batang dan Forkominda saat mengecek Perpustakaan Keliling yang dilengkapi teknologi canggig. (LUTFI HANAFI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

BATANG–Minat baca masyarakat di wilayah Batang masih rendah. Karena itu, Pemkab Batang gencar mengampanyekan pentingnya membaca atau literasi dengan Perpustakan Keliling. Apalagi, setelah mendapatkan bantuan 2 unit mobil dari pemerintah pusat, yang diserahkan langsung oleh Anggota DPR RI dapil Jateng X, Marlinda Irwanti, di kantor Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Batang, Sabtu (25/11) kemarin. 

Menurut Bupati Batang Wihaji, bantuan tersebut semakin menambah jumlah armada mobil perpustakaan keliling yang dimiliki Pemkab Batang yang kini menjadi tujuh unit mobil perpustakaan keliling. “Ini akan lebih menjangkau pelosok desa untuk meningkatkan literasi baca,” tandasnya.

Menurut Bupati, layanan dalam mobil tersebut, bisa menarik perhatian warga untuk mendekat, sehingga tertarik untuk membaca. “Mobil perpustakaan bagus dan canggih, dilengkapi layanan multi media yang bagus, ada wifi, proyektor dan laptop. Semoga bisa untuk sarana belajar masyarakat. Saya yakin dengan mobil canggih ini, bisa lebih mudah kampanye literasi atau minta baca di masyarakat,” kata Wihaji.

Anggota DPR RI Dapil Jateng X Marlinda Irwanti berharap ke depan tingkat literasi dan pendidikannya semakin meningkat. “Saya berharap dengan meningkatnya pendidikan, maka taraf ekonomi juga naik. Sehingga tidak ada anak-anak yang putus sekolah karena miskin,” tandasnya. (han/ida)