Salurkan Raskin Jatah Desember

517

TEMANGGUNG – Keluarga penerima manfaat (KPM) beras sejahtera (rastra) atau yang lebih dikenal dengan sebutan raskin alias beras miskin, bisa tersenyum lega. Sebab, penyaluran rastra untuk alokasi Desember dimajukan pada akhir November ini.

Berdasarkan pendataan keluarga kurang mampu dari pemerintah pusat pada 2015 lalu, jumlah KPM rastra di Kabupaten Temanggung tahun ini 49.186 keluarga. Atau berkurang 2.500 KPM, dibandingkan jumlah penerima rastra pada tahun-tahun sebelumnya, 51.816 KPM berdasarkan pendataan 2011.

Kepala Bagian Perekonomian Setda Temanggung, Sunardi, didampingi staf yang membidangi penyaluran rastra, Arif Mujiono, mengungkap, alokasi rastra Desember telah diterimakan mulai 21 November hingga 28 November.

Penyaluran tersebut, lanjut Sunardi,  karena Pemkab menerima imbauan dari pemerintah pusat untuk mempercepat penyaluran rastra jatah Desember. Mengingat Desember adalah akhir tahun, sekaligus selesainya seluruh kegiatan penyaluran rastra 2017.

Setelah rastra alokasi Desember disalurkan pada akhir November, maka jika pada Desember terjadi gejolak harga atau harga beras melambung, masih terbuka kemungkinan untuk dilakukan operasi pasar. Sehingga harga beras kembali stabil.  (lis/isk)