BAF Diversifikasi Produk Pembiayaan

855
LEBARKAN SAYAP : Director PT BAF Armando Lung (paling kanan) menyerahkan hadiah undian sepeda motor Gebyar Hadiah 20 Tahun. (istimewa)
LEBARKAN SAYAP : Director PT BAF Armando Lung (paling kanan) menyerahkan hadiah undian sepeda motor Gebyar Hadiah 20 Tahun. (istimewa)

SEMARANG – Potensi pembiayaan mulai berkembang ke berbagai segmen. Hal ini ditangkap oleh perusahaan pembiayaan Bussan Auto Finance (BAF) dengan melakukan diversifikasi produk ke berbagai segmen.

Director PT BAF Armando Lung mengungkapkan, pihaknya sebelumnya hanya membiayai kredit untuk penjualan motor merek Yamaha. Kini, perusahaan yang telah 20 tahun berdiri tersebut mulai melebarkan sayap bisnis dengan masuk ke segmen pembiayaan lain. Diantaranya, pembiayaan multi produk, mesin pertanian, mobil hingga dana syariah.

“Tiga tahun lalu kami mulai menambah produk, namun terbatas dengan nasabah yang sebelumnya melakukan peminjaman untuk sepeda motor. Tahun ini kami membuka untuk seluruh konsumen,” ujarnya di sela pengundian Gebyar Hadiah 20 Tahun BAF, akhir pekan lalu.

Pelebaran sayap tersebut dinilainya sebagai salah satu inovasi untuk menyesuaikan kebutuhan masyarakat maupun kondisi pasar saat ini dan ke depan. Mengingat pembiayaan sepeda motor beberapa tahun belakangan tumbuh melambat.

“Sekarang sudah banyak yang memiliki sepeda motor. Bahkan dalam satu rumah ada yang memiliki lebih dari dua. Sebagai perusahaan kami harus tumbuh, karena itu kami ambil peluang dari segmen-segmen lain yang juga cukup potensial,” ujarnya.

Sejauh ini lanjutnya, porsi pembiayaan memang masih didominasi oleh kredit sepeda motor. Yaitu sebesar 90 persen. Namun ke depan, pihaknya menargetkan porsi dapat berimbang, yaitu 50 persen pembiayaan sepeda motor dan sisanya pembiayaan di luar itu.

“Tahun ini target kami dapat mengucurkan pembiayaan sebesar Rp 6,5 triliun. Sampai dengan bulan Oktober 2017, pembiayaan secara nasional sudah mencapai Rp 5,2 triliun,”ujarnya.

Ia menambahkan, program Gebyar Hadiah 20 Tahun BAF, berhasil meningkatkan brand awareness terhadap layanan perusahaan dalam pembiayaan motor Yamaha, program dana syariah dan multi product. Termasuk berpengaruh terhadap kenaikan 5 persen dari total pembiayaan konsumen  yang menggunakan produk  BAF. (dna/ric)