FTP ke-10 Angkat Kisah Pewayangan

568
ASAH KREATIFITAS-Para aktor dan aktris teater terbaik FTP Ke-10 tingkat SLTA usai menerima hadiah dari juri. (IST)
ASAH KREATIFITAS-Para aktor dan aktris teater terbaik FTP Ke-10 tingkat SLTA usai menerima hadiah dari juri. (IST)

KUDUS-Kisah – kisah pewayangan menjadi tema pergelaran puncak Festival Teater Pelajar (FTP) ke-10 yang diselenggarakan Teater Djarum bersama Departemen Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kudus. Kegiatan yang didukung penuh Bakti Budaya Djarum Foundation ini berlangsung pada 24-26 November 2017.

Inayah Wulandari, penggiat teater yang menjadi salah satu juri final FTP ke-10 mengaku bangga dengan kemampuan yang ditunjukkan para pemain teater tingkat SLTP dan SLTA di Kudus. “Apa yang saya lihat selama seleksi ini, kalian semua adalah pemenang. Apa yang kalian tampilkan luar biasa banget, layak jika dibandingkan dengan para pemain teater di kota besar seperti Jakarta. Selamat buat kalian,” paparnya di sela pembacaan pemenang FTP di GOR Kaliputu, Kudus, Minggu (26/11).

Selain Inayah, juri yang terlibat dalam pementasan final yaitu Sita Nursanti (pekerja seni) dan Waryoto Giyok (sutradara teater). Keluar sebagai juara Teater Terbaik 1 tingkat SLTP yakni Teater Ukur dari MTs NU Maslakul Falah dengan naskah Dear Mr Petruk, dan juara Teater Terbaik 1 tingkat SLTA yaitu Teater Apotek – SMK Duta Karya dengan naskah Wisanggeni Membakar Api.

Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation Renitasari Adrian menyampaikan, FTP merupakan program rutin tahunan Teater Djarum dengan melibatkan siswa-siswi tingkat SMP dan SMA se-Kabupaten Kudus. FTP berisi lomba karya seni teater antarkomunitas teater yang ada di sekolah-sekolah. “Tahun ini, ada penambahan gelar Teater Terbaik Harapan 1 untuk SMP, dan Teater Terbaik Harapan 1 dan 2 untuk tingkat SMA,” jelasnya. (fiq/ton)