Bidik Potensi Wisatawan ke Kota Semarang

1263
DIBUKA TAHUN DEPAN : Sentra kuliner dan oleh-oleh khas Semarang, Kompleks IB di Jalan Imam Bonjol yang akan dibuka tahun depan. (NURUL PRATIDINA/JAWAPOS RADAR SEMARANG)
DIBUKA TAHUN DEPAN : Sentra kuliner dan oleh-oleh khas Semarang, Kompleks IB di Jalan Imam Bonjol yang akan dibuka tahun depan. (NURUL PRATIDINA/JAWAPOS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Sentra kuliner serta oleh-oleh khas Semarang didirikan di kawasan Jalan Imam Bonjol, baru-baru ini. Sentra kuliner bernama Kompleks IB ini diharapkan dapat memfasilitasi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam memasarkan produk-produk mereka.

Pemilik Kompleks IB, Hartono Djajakusuma mengatakan, Semarang belakangan cukup ramai kedatangan pelancong. Baik mereka yang bertujuan untuk berwisata maupun sekedar singgah untuk urusan bisnis. Hal ini dinilai berdampak positif pada bisnis kuliner dan oleh-oleh.

“Karena itu kami bangun sentra kuliner dan oleh-oleh. Letaknya pun tak jauh dari Lawang Sewu yang merupakan salah satu ikon khas Semarang. Sehingga wisatawan yang berkunjung kesana juga bisa langsung mampir ke kompleks IB,”ujarnya.

Lantai satu, lanjutnya, akan dipergunakan untuk sejumlah stan aneka oleh-oleh khas Semarang dan sekitarnya. Sedangkan lantai dua akan dipergunakan untuk food court. “Lantai bawah dibagi dalam enam stan, sedangkan lantai dua cukup luas untuk dipergunakan sebagai food court,” ujarnya.

Bangunan dua lantai ini juga dilengkapi oleh area parkir yang cukup memadai. Sehingga pelancong yang menggunakan kendaraan roda empat atau rombongan dengan bus cukup leluasa untuk mampir berbelanja.

“Seperti kita ketahui, beberapa area di Semarang minim tempat parkir. Oleh karena itu, di kompleks IB ini juga kami sediakan lahan parkir yang cukup memadai. Sehingga pengunjung tidak kesulitan dan mobil-mobil yang mampir juga tidak membuat macet,” ujarnya. (dna/ric)