Gali Potensi Bawang, Gelar Expo

723
PRODUK LOKAL : Wakil Bupati Batang Suyono saat meninjau stan UMKM di Bawang Expo 2017 DI Alun-alun Bawang. (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang)
PRODUK LOKAL : Wakil Bupati Batang Suyono saat meninjau stan UMKM di Bawang Expo 2017 DI Alun-alun Bawang. (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang)

BATANG – Bawang Expo ke 2 tahun 2017 resmi digelar. Wakil Bupati Batang Suyono mewakili Bupati Batang Wihaji membuka kegiatan  yang dipusatkan di Alun-alun Bawang, Jumat (1/12). Diharapkan kegiatan tersebut dapat menggali potensi yang ada di wilayah Bawang.

“Kita berharap expo yang sudah menjadi agenda rutin setiap tahun dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memperkenalkan produk unggulan kepada masyarakat luas,” kata Suyono disela-sela acara pembukaan.

Kegiatan expo ke 2 yang digelar hingga 3 Desember, ini diharapkan menjadi motivasi masyarakat serta pelaku usaha kecil menengah (UKM) untuk menghasilkan dan meningkatkan kualitas produk. Sehingga produk Batang, khususnya Bawang bisa bersaing dengan produk-produk dari daerah lain.

Apalagi dalam prospek ke depan Bawang akan menjadi salah satu tujuan wisata. Ia menambahkan Bawang mempunyai Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat melimpah. Untung itu, expo kali ini bisa jadi ajang mengeksplor potensi, sehinga semakin memperkaya Batang.

“Dengan campur tangan generasi muda, saya yakin dapat tercipta produk yang kreatif dan inovatif yang mampu dicintai oleh masyarakat,” ucap wabup.

Sementara, Koordinator Gerakan Pemuda Peduli Potensi Bawang (GP3B) Bayu H, mengatakan bahwa expo ini digelar bukan hanya semata mata untuk memperkenalkan produk yang telah dihasilkan oleh masyarakat, akan tetapi juga untuk memperkenalkan potensi Bawang yang selama ini belum tergali secara maksimal.

“Dengan adanya expo ini mudah-mudahan ada daya tarik dari pemda untuk lebih serius lagi mengembangkan wisata sehingga perekonomian Bawang akan terus tumbuh, dan masyarakatnya menjadi lebih sejahtera,” kata Bayu.

Di expo kali ini, terdapat 42 stan pameran yang diisi oleh UMKM, masyarakat yang memiliki kreatifitas, kelompok usaha, dan pameran otomotif yang ada di Bawang.

“Kita  yakin kegiatan ini dapat memberikan dampak yang positif, karena dari segi ekonomi akan memberikan manfaat bagi masyarakat,” tandas Budi. (han/zal)