Ajak Tertib, Bagi-Bagi 100 Helm

832
BAGI HELM : Kapolres Magelang Kota, AKBP Kristanto Yoga Darmawan memberikan helm kepada anak yang membonceng sepeda motor di kawasan Alun-alun Kota Magelang Sabtu (2/12) lalu. (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)
BAGI HELM : Kapolres Magelang Kota, AKBP Kristanto Yoga Darmawan memberikan helm kepada anak yang membonceng sepeda motor di kawasan Alun-alun Kota Magelang Sabtu (2/12) lalu. (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)

MAGELANG – Untuk lebih menanamkan kedisiplinan dalam berlalu lintas sejak dini, Satuan Lalu Lintas Polres Magelang Kota membagikan sekitar 100 helm kepada pengguna jalan di Alun-alun Timur Kota Magelang, Sabtu (2/12) lalu. Pembagian helm lebih menyasar kepada pengendara sepeda motor yang membawa anak-anak tidak memakai helm.

Kapolres Magelang Kota, AKBP Kristanto Yoga Darmawan, di sela-sela pembagian helm mengatakan, sekarang ini masih banyak pengendara sepeda roda dua khususnya anak-anak yang belum mengenakan helm saat membonceng orang tua maupun keluarganya.

Kampanye ini, menurut Kristanto, juga berkaitan dengan hari anak internasional sebagai bentuk investasi keselamatan bagi anak-anak. “Jadi penumpang yang berusia dini yang belum mengenakan helm, kita berikan helm demi keselamatan mereka,” kata Kristanto.

Pada kesempatan itu juga dibagikan hadiah kepada kepada anak yang tertib menggunakan helm. “Kami membagikan helm secara gratis bagi anak yang belum mengenakan helm saat membonceng bersama orang tuanya. Hari ini (kemarin, Red) Lantas Polres Magelang Kota membagikan 100 helm berstandar SNI,” jelas Kristanto.

Kapolres berharap, pembagian helm dapat menjadi perangsang bagi anak-anak untuk mengenakan helm ketika berkendara. “Dari 100 helm yang kita sediakan, ternyata hampir habis, itu menandakan masih banyak anak yang belum mengenakan helm,” jelas Kristanto.

Kasatlantas Polres Magelang Kota, AKP Marwanto, mengimbau kepada para orang tua untuk lebih memperhatikan anak-anaknya pada saat membonceng sepeda motor.

“Sayang pada anak, berarti juga mengajak anak untuk tertib berlalu lintas demi keselamatan dirinya maupun orang lain. Mari budayakan tertib dengan melengkapi keselamatan diri,” ajak Marwanto. (cr3/lis)