Rangkul Remaja Bentuk Satgas Mandali

976
DILANTIK: Kapolsek Semarang Utara Kompol Andis Arfan Tofani melantik pengurus Satgas Mandali Kelurahan Bandarharjo. (NURCHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)
DILANTIK: Kapolsek Semarang Utara Kompol Andis Arfan Tofani melantik pengurus Satgas Mandali Kelurahan Bandarharjo. (NURCHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Kesan negatif Kelurahan Bandarharjo, Kecamatan Semarang Utara coba dihilangkan dengan membentu satgas aman dan tekendali (Mandali) dengan menggadeng remaja yang ada di Kelurahan teresebut.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Bandarharjo, Joko Santoso mengatakan jika pembentukan satgas Mandali adalah sebuah inisiasi dari warga yang prihatin dengan image nagatif daerah tersebut. “Kami mencoba menggandeng remaja agar tidak terjerumus ke hal-hal negatif. Satgas ini nantinya didorong untuk menjaga keamanan lingkungan, hingga membantu berbagai kegiatan sosial,” katanya Jumat (1/12) kemarin.

Ia menerangkan, bentuk kegiatan sosial yang bisa dilakukan adalah turut serta menjadi relawan saat terjadi bencana. Dengan kegiatan positif, dirinya berharap jika images negatif yang terlanjur melekat bisa hilang. “Sebenarnya hal-hal yang bersifat agamis di daerah ini sudah ada, bisa dibilang kerohaniannya cukup luar biasa,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolsek Semarang Utara Kompol Andis Arfan Tofani mengaku sangat menyambut baik dengan dibentuknya satgas Mandali di Kelurahan Bandarharjo, pihaknya mengaku siap merangkul demi mendumbyuhkan keamanan dan kanyamanan di lingkungan Bandarharjo. “Tentu sangat menyambut baik, nah dengan adanya satgas kami akan merangkul untuk turut serta menjaga keamanan di lingkungan masing-masing,” jelasnya.

Camat Semarang Utara Aniceto Magno da Silva menambahkan, dengan dibentuknya satgas Mandali di wilayahnya yang melibatkan para remaja, diharapkan bisa berkontribusi positif untuk lingkungan ataupun Kota Semarang. Pihaknya mengaku, segara akan mengumpulkan seluruh lurah di Kecamatan Semarang Utara untuk meniru apa yang dilakukan warga Bandarharjo. “Nantinya di setiap kelurahan saya harap ada, dan menginduk di Kecamatan. Satgas ini juga kami harap bisa terjun ke kegiatan sosial seperti siaga bencana dan yang lainnya,” tambahnya. (den/bas)