Disinyalir Catut Nama TNI-Polri

Hasil Verifikasi Administrasi Parpol

651
Agus Istanto. (AHSAN FAUZI/RADAR KEDU)
Agus Istanto. (AHSAN FAUZI/RADAR KEDU)

TEMANGGUNG—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung tengah meneliti administrasi hasil perbaikan pada sejumlah partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2019. Selanjutnya, KPU akan melakukan verifikasi faktual.

“Saat ini kami tengah fokus verifikasi administrasi. Sedangkan verifikasi faktual dimulai pada Rabu (6/12) besok (hari ini, red),” ucap Komisioner KPU Kabupaten Temanggung dari Divisi Perencanaan dan Data, Agus Istanto di kantornya, Selasa (5/12) kemarin.

Hasil verifikasi administrasi, dijumpai keanggotaan ganda parpol Selain itu, disinyalir ada beberapa TNI, Polri, PNS dan perangkat desa yang dicatut sebagai persyaratan anggota parpol. “TNI, Polri, PNS dan perangkat desa dilarang menjadi anggota parpol. Hal inilah yang menjadi perhatian saat verifikasi factual.”

Verifikasi faktual diperlukan untuk mengklarifikasi pada yang bersangkutan tentang keanggotaannya di suatu parpol. Yaitu, apakah nama yang bersangkutan benar-benar memberikan dukungan atau hanya dicatut.

“Verifikasi faktual ini kepada partai baru, yakni Perindo, Berkarya, PSI, dan Garuda. Sementara pada parpol lama belum akan diverifikasi, sebab masih menunggu putusan MK.”

Keempat parpol tersebut harus melakukan perbaikan syarat dukungan. Sebab, pada saat pendaftaran dan penyampaian syarat dukungan beberapa waktu lalu, masih ada kekurangan. “Hasil verifikasi akan kita sampaikan pada KPU Provinsi dan pimpinan partai politik tingkat pusat pada 12 Desember 2017 mendatang.” (san/isk)