Pengimbasan Sekolah Rujukan

3811
PEMBUKAAN : Kepala SMPN 1 Wonosobo Poniman memberikan sambutan pada acara pengimbasan sekolah di aula lantai 3 SMPN 1 Wonosobo (5/12). (IST)
PEMBUKAAN : Kepala SMPN 1 Wonosobo Poniman memberikan sambutan pada acara pengimbasan sekolah di aula lantai 3 SMPN 1 Wonosobo (5/12). (IST)

WONOSOBO – Sebagai sekolah rujukan SMPN 1 Wonosobo tidak sekadar terakreditasi A. Namun juga telah mengembangkan ekosistem pendidikan, memiliki budaya mutu, melakukan kegiatan penumbuhan budi pekerti, memiliki keunggulan yang dapat meningkatkan daya saing, serta mampu mengimbaskan implementasi SNP dan keunggulannya kepada sekolah lain.

Pengimbasan ke lima sekolah lain di wilayah Wonosobo telah dilakukan belum lama ini (5/12) di aula lantai 3. Lima sekolah imbas tersebut adalah SMPN 4 Wonosobo, SMPN 2 Watumalang, SMPN 4 Kertek, SMP IT Insan Mulia, dan SMP Bhakti Mulia Wonosobo. Kelima sekolah tersebut termasuk kategori sekolah potensial atau standar sekolah minimal.

Adapun materi pengimbasan meliputi 8 standar plus wawasan lingkungan, penguatan pendidikan karakter dan sekolah ramah anak. Sutikno selaku Kabid Kesiswaan juga memaparkan program-program unggulan di bidang akademis dan non-akademis.

“Diharapkan setelah mengikuti sosialisasi, kelima sekolah tersebut dapat mengimplementasikan kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing sehingga ke depan lebih maju,” jelas Sri Wahyuni selaku penanggung jawab standar pengelolaan.

Kegiatan tersebut diikuti seluruh guru dan karyawan SMPN 1 Wonosobo dan 25 orang guru dari lima sekolah potensial. Kegiatan dimeriahkan oleh tim Padus dan tim Karawitan Spensa dengan perform yang cukup menarik. Di sela-sela pemaparan materi, peserta diajak memperagakan tepuk PPK (religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, integritas), dan salam PKK (cerdas, berkarakter, menyenangkan, luar biasa, hebat). (*/lis)