Perpustakaan Harus Dikemas Kreatif

782
BANTUAN : Serah terima mobil perpustakan keliling oleh Perpustakaan Nasional didampingi DPR RI Komisi X Mujib Rohmat kepada Pemkab Kendal, Jumat (8/12) kemarin. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)
BANTUAN : Serah terima mobil perpustakan keliling oleh Perpustakaan Nasional didampingi DPR RI Komisi X Mujib Rohmat kepada Pemkab Kendal, Jumat (8/12) kemarin. (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG)

KENDAL-Minat baca masyarakat Indonesia masih sangat rendah. Sehingga dibutuhkan kreativitas dan jemput pembaca melalui perpustakaan keliling. Demikian dikatakan Anggota DPR RI Komisi X, Mujib Rohmat di sela pemberian bantuan mobil perpustakaan keliling di Kantor Bupati Kendal, Jumat (8/10) kemarin.

Menurutnya perpustakaan harus kreatif untuk bisa menarik pembaca. Terutama generasi anak-anak, pemuda dan pelajar. Misalnya dengan mempercantik ruangan, dimana pembaca bisa membaca buku dengan santai. Baik dengan desain ruang konsep alam, ruang bersantai keluarga dan sebagainya. “Seperti ruang kerja kreatif atau ruang kerja inspirasi yang saat ini sedang menjadi tren,” katanya.

Politisi Partai Golkar itu menambahkan bahwa mobil perpustakaan keliling tersebut untuk menjangkau masyarakat pelosok yang sulit menjangkau perpustakaan. Sehingga mereka bisa membaca dan pinjam buku di tempat. “Namun perlu upaya lain dengan membuat perpustakaan yang terintegrasi. Yakni antar satu perpustakaan satu dengan lainnya terkoneksi secara online berikut data katalog buku. Hal ini memudahkan warga yang mencari buku. Jadi ketika mencari buku cukup klik di internet, buku dan judul tersedia di perpustakaan mana itu terlihat. Jadi masyarakat tidak kesulitan mencari buku,” tambahnya.

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan Nasional RI Woro Titi Haryanti menyatakan bahwa bantuan diberikan berupa 1 unit mobil berikut 400 judul buku dengan jumlah buku 800 buah. “Kami berharap perpustakaan yang ada bisa dikembangkan,” tambahnya.

Wakil Bupati Kendal, Masrur Masykur menyampaikan bahwa dengan adanya perpustakaan keliling, bisa meningkatkan kecerdasan masyarakat. “Hal ini sekaligus menyukseskan program literasi yang digalakkan pemerintah pusat,” katanya. (bud/ida)