Jalur Warga di Kembangarum Amblas

644
TERSUMBAT : Jalan Tentara Pelajar banjir karena diduga warga membuang sampah sembarangan menyebabkan saluran dangkal dan tersumbat. (NUR WAHID/JAWA POS RADAR SEMARANG)
TERSUMBAT : Jalan Tentara Pelajar banjir karena diduga warga membuang sampah sembarangan menyebabkan saluran dangkal dan tersumbat. (NUR WAHID/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SELAIN banjir di beberapa titik, hujan deras Minggu (10/12) kemarin menyebabkan jalan di RW XII Kelurahan Kembangarum Kecamatan Semarang Barat. Tak hanya menyebabkan jalur warga terputus, namun rumah milik Marsudi juga rusak.

Amblesnya jalan tersebut disebabkan posisi jalan yang menurun sehingga laju air hujan dari atas menjadi kencang dan merusak tanah sehingga menjadi ambles. “Tadinya jalan ini jurang. Kemudian oleh warga, dijadikan tempat membuang sampah sehingga tanah kurang padat. Akibatnya saat hujan deras menjadi ambles,” kata salah seorang warga Tenang Waluyo.

Saat ini warga bersama Babinkantibmas Kelurahan Kembangarum melakukan kerjabakti dengan membuat trucuk bambu yang ditancapkan ke area tanah yang amblas. Harapannya, agar tanah tersebut tidak amblas lagi saat hujan.

Amblasnya jalan sepanjang 10 meter dan lebar 7 meter dengan kedalaman 5 meter mengakibatkan dua rumah yang berdekatan di samping kanan dan di samping kiri rusak. “Kalau tidak ada upaya dari warga, dikhawatirkan muncul longsor berikutnya,” imbuhnya.

Waluyo menambahkan kejadian itu terjadi pukul 12.00. Saat itu, tidak ada orang tiba-tiba jalan tersebut amblas. Selain itu, rumah milik Marsudi yang tepat di sebelahnya menjadi rusak pada bagian dapur dan kamar mandi. “Kejadian itu berlangsung cepat, tiba-tiba jalan amblas waktu hujan sangat deras dan air dari atas turun ke bawah,” katanya.

Sebelum kejadian, beberapa bulan lalu telah dilaporkan kepada pihak kelurahan karena jalannya ambles tetapi tidak besar, sehingga hanya ditampung oleh kelurahan. “Akibat jalan yang amblas ini, jalan kampung antara RT 8 dengan RT X di wilayah RW XII menjadi putus,” akunya.

Pemilik rumah, Marsudi mengaku akibat jalan amblas tersebut, rumahnya rusak terutama di bagian dapur dan toilet. “Karena di bawahnya ada air sehingga yang diatas tersembur dan tanah menjadi ambles ke dalam,” katanya.