44.344 Warga Belum Punya e-KTP

565

BANJARNEGARA – Hingga kini, puluhan ribu penduduk Banjarnegara belum memiliki KTP elektronik (e-KTP). Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Banjarnegara Imam Kusharto Prayono mengatakan, masih ada 44.344 penduduk Banjarnegara yang belum memiliki e-KTP.

“Penyebabnya bermacam-macam. Ada yang karena sudah pindah ke daerah lain tanpa memberi pemberitahuan ke Dindukcapil, sudah meninggal dunia, tidak merasa butuh, sudah jompo atau karena difabilitas,” jelasnya, Senin (11/12).

Dia mengatakan, penduduk yang pindah namun tidak melapor, masih terdata sebagai penduduk Banjarnegara. Demikian juga bagi penduduk yang sudah meninggal dunia. Namun karena tidak dilaporkan ke Dindukcapil, maka masih masuk dalam database kependudukan. Sementara penduduk yang merasa tidak butuh e-KTP, karena yang bersangkutan biasanya bekerja di ladang.

“Jadi tidak merasa butuh. Padahal meskipun bekerja di ladang, pasti akan membutuhkan KTP untuk berbagai keperluan yang berkaitan dengan administratif kependudukan. Misalnya ketika akan membuat SIM,” jelasnya.

Menurut dia, penderita difabel maupun orang yang sudah jompo juga terkendala ketika akan melakukan perekaman e-KTP. Mereka kesulitan untuk melakukan perekaman ke kantor kecamatan maupun Dindukcapil Banjarnegara. “Saat ini belum bisa dilakukan jemput bola. Namun dalam waktu dekat kami akan melakukannya ketika mobil layanan keliling sudah ada,” imbuhnya. (drn/jpg/ton)