Tiga Parpol Dinyatakan Lolos

623
Yami Blumut (DOK RADAR KEDU)
Yami Blumut (DOK RADAR KEDU)

TEMANGGUNG– Setelah melakukan perbaikan, tiga partai politik (parpol), yakni Partai Garuda, Partai Demokrat, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dinyatakan lolos oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Temanggung, Selasa (12/12) kemarin. Sebelumnya, ketiga parpol tersebut dinyatakan belum memenuhi syarat.

Komisioner KPU Temanggung Divisi Hukum, Yami Blumut menyampaikan, pihaknya telah melakukan verifikasi administrasi pada masa perbaikan. “Setelah kita lakukan verifikasi, kita nyatakan lolos. Tiga parpol tersebut berhak menjadi peserta Pemilu 2019 mendatang,” ucap Yami di kantornya, Selasa (12/12) kemarin.

Yami menjelaskan, pada masa perbaikan lalu, Partai Garuda kembali menyerahkan data sebanyak 827 anggota. Namun setelah dilakukan verifikasi administrasi faktual, hanya 772 anggota yang dinyatakan memenuhi syarat.

“Namun, karena jumlahnya sudah lebih dari batas minimal, yakni 769 anggota, maka Partai Garuda dinyatakan memenuhi syarat dengan jumlah anggota 772.”

Adapun dua partai lain, yakni PSI, menyerahkan 101 anggota. Setelah diverifikasi, ada enam anggota yang dinyatakan tidak memenuhi syarat, dengan jumlah total sebanyak 778 anggota. Partai Demokrat menyerahkan 78 anggota dan yang dinyatakan tidak memenuhi syarat 3 anggota. Sehingga jumlah total ada 839 anggota. “Kedua parpol ini juga sudah melebihi jumlah batas minimal 769 anggota.”

Verifikasi administrasi faktual dilakukan dengan cara mendatangi langsung nama-nama yang diserahkan oleh partai politik. Verifikasi faktual diperlukan untuk mengklarifikasi pada yang bersangkutan tentang keanggotaannya di suatu parpol. Hasilnya, bisa jadi nama mereka dicatut atau memang betul sebagai anggota parpol. “Sesuai jadwal penelitian administrasi hasil perbaikan dilakukan pada 2 Desember hingga 11 Desember 2017, hari ini (Selasa 12/12) kami serahkan data hasil perbaikan ini ke parpol.” (san/isk)