Berpolitik Harus Kedepankan Etika

566
SOSIALISASI: Panwaskab Demak terus menggencarkan sosialisasi pengawasan pemilu kepada elemen masyarakat. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SOSIALISASI: Panwaskab Demak terus menggencarkan sosialisasi pengawasan pemilu kepada elemen masyarakat. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

DEMAK – Dalam berpolitik harus mengedepankan etika (politik). Ini penting dalam mewujudkan proses politik yang santun dan bermartabat. Hal ini mengemuka dalam sosialisasi pengawasan pemilu yang digelar Panwaskab Demak di Hotel Amantis, kemarin.

Dosen STAIN Kudus, Dr Kusbiyanto mengatakan, etika politik menjadi norma yang melekat pada praktik politik. “Kalau bermain politik maka harus pakai etika politik. Misalnya, tidak melawan aturan hukum yang berlaku,” katanya.

Dia juga menuturkan, masalah money politics yang ramai dalam setiap perhelatan pemilu harus dilihat dari awal niatnya dan bagaimana mengemasnya. “Disini etika politik itu diperlukan. Kalau misalkan ada calon agar bisa diterima masyarakat pemilih, maka bisa disiasati misalnya melalui kegiatan yang mengena sasaran. Bisa dalam bentuk seminar atau mewujudkan kegiatan pembangunan secara langsung yang melibatkan kelompok. Semua itu tinggal niatnya bagaimana. Innamaa a’malu binniat (segala sesuatu tergantung niatnya),” ujarnya.

Meski demikian, dalam praktik sebuah pemilu, pemberi money politic jika niatnya untuk mendongkrak suara agar menang tentu niatnya sudah berbeda. Menurutnya, dalam pemilu atau pilgub, tidak semua tahapan yang dijalankan otomatis terlaksana dengan baik. Karena itu, butuh pengawasan. “Selama ini masyarakat merasa tidak sebagai pengawas. Selain itu, masyarakat juga keberatan jika menjadi pelapor (jika ada pelanggaran),” katanya.

Dosen Fisip Untag Semarang, Harsoyo mengungkapkan, peran panwas harus optimal. “Bisa pakai rumus bisa karena biasa dan biasa karena pembiasaan,” jelas dia.

Ketua Panwaskab Demak, Khoirul Saleh mengatakan, sosialisasi pengawasan akan terus dilakukan dengan meliibatkan banyak elemen. “Ini semua diharapkan dapat membantu panwas dalam tugas pengawasan pemilu,” katanya. (hib/bas)