Kolaborasi Majukan UMKM

498

MAGELANG – Sekda Kota Magelang Sugiharto mendukung langkah Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Magelang dan Kabupaten Kebumen berkolaborasi untuk memajukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Kerjasama ini diklaim akan menguntungkan kedua daerah, utamanya dalam pengembangan ekonomi dan pemasaran.

Kamis (14/12), sekitar 40 pelaku usaha dari dua daerah ini dikumpulkan dalam acara kemitraan dan temu usaha di Prambanan Convention Hall, Hotel Puri Asri. “Kegiatan ini pertama kali diadakan, namun bisa memfasilitasi kebutuhan UMKM di masing-masing daerah terkait pemasaran produk,” kata Sugiharto.

Ia mengamati, UMKM di daerah sering menghadapi kendala pemasaran. Padahal produk yang dihasilnya layak jual. “Kemitraan dan temu usaha ini dapat menjadi sarana untuk memperluas pemasaran,” ujarnya.

Dari kemitraan ini, ia minta ada tindak lanjut serta menghasilkan kegiatan yang nyata. Seperti pertukaran pemasaran produk. Baik produk Magelang masuk ke Kabupaten Kebumen, pun sebaliknya.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kabupaten Kebumen Mahmud Fauzi berharap kerjasama yang terjalin akan berkelanjutan. Apalagi, UMKM terbukti sangat berperan penting dalam menjaga stabilitas ekonomi di masyarakat.

“Sektor jasa mendapatkan perhatian lebih agar ketahanan ekonomi masyarakat menjadi lebih baik. Adanya ide kreatif dan inovasi akan sangat membantu dalam mengembangkan sektor jasa,” tuturnya. (put/ton)