Sosialisasikan Kebhinekaan Berbangsa dan Bernegara

Anggota DPR RI Daryatmo Mardiyanto Serap Aspirasi

1144
SERAP ASPIRASI : Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Daryatmo Mardiyanto memberikan cinderamata kepada Bupati Demak HM Natsir dalam kegiatan penyerapan aspirasi masyarakat, Jumat (22/12) kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
SERAP ASPIRASI : Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Daryatmo Mardiyanto memberikan cinderamata kepada Bupati Demak HM Natsir dalam kegiatan penyerapan aspirasi masyarakat, Jumat (22/12) kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, DEMAK – Anggota DPR/MPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Daryatmo Mardiyanto menyerap aspirasi masyarakat Demak, di Aula Kantor Kecamatan Demak Kota, Jumat (22/12) kemarin. Penyerapan aspirasi tersebut mengusung tema Penegasan Bhineka Tunggal Ika sebagai Perekat Kehidupan Berbangsa dan Bernegara untuk Memperkuat Wawasan Nusantara. Hadir pula Bupati Demak HM Natsir, Ketua Dharma Wanita Hj Nani Amrin, SKM, MKes, serta Dosen Fisip Undip Turtiantoro dan Catharina Rini Pratiwi.

Daryatmo mengatakan bahwa semboyan Bhineka Tunggal Ika merupakan dasar untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan Indonesia. Yakni, dengan hidup saling menghargai antara masyarakat tanpa memandang suku bangsa, agama, bahasa, adat istiadat, dan warna kulit. “Indonesia sebagai negara beribu kepulauan yang setiap daerah memiliki adat istiadat, aturan dan kebiasaan berbeda. Tanpa adanya kesadaran sikap untuk menjaga Bhineka Tunggal Ika, bisa terjadi kekacauan dalam berbangsa dan bernegara,” kata wakil rakyat dari dapil Jateng 2 meliputi, Demak, Kudus dan Jepara ini.

Dosen Undip, Turtiantoro menambahkan, makna yang terkandung dalam Bhineka Tunggal Ika mengartikan perbedaan, baik dalam suku, agama, ras dan budaya yang akhirnya bermuara pada satu kesatuan secara utuh bagi bangsa Indonesia. “Untuk itu, semangat nasionalisme perlu dibangun sebagai perekat bangsa ini,” ujar dia.

Ketua Dharma Wanita, Nani Amrin mengungkapkan, kegiatan sosialisasi wawasan kebangsaan nusantara ini bertepatan dengan Hari Ibu. Adapun undangan ada 200 orang. Menurutnya, terkait Hari Ibu, materi yang disampaikan adalah soal penyakit difteri pada anak yang disampaikan dr Chatarina.

Bupati HM Natsir menuturkan, pihaknya mengapresiasi Daryatmo Mardiyanto yang telah memberikan motivasi bagi masyarakat Demak untuk menjaga nilai Kebhinekaan dalam berbangsa dan bernegara. “Kami berharap, persatuan kita semakin kokoh meski banyak perbedaan,” katanya. (hib/sct/ida)