Pembelajaran Klasifikasi Tumbuhan melalui Wade Game

1311
Oleh : Imron Rosyadi SPd
Oleh : Imron Rosyadi SPd

RADARSEMARANG.COM – SALAH satu materi yang sulit dalam pelajaran Biologi adalah sistematika atau klasifikasi makhluk hidup, baik hewan maupun tumbuhan. Kesulitan utama dalam mempelajari sistematika adalah semua materi berupa hafalan dan merupakan istilah-istilah atau menggunakan bahasa latin. Dalam hal penggunaan nama ilmiah makhluk hidup memang harus menggunakan bahasa latin atau kalaupun bukan berasal dari bahasa latin, maka kata tersebut harus dilatinkan. Misalnya, untuk nama badak bercula satu yang ada di Ujung Kulon mempunyai nama ilmiah untuk spesies adalah Rhinocheros sondaicus. Dalam hal ini kata sondaicus adalah kata yang dilatinkan, yaitu berasal dari kata sunda.

Pengalaman penulis ketika mengajarkan sistematika makhluk hidup selalu merasa mengalami kesulitan. Guru kesulitan memilih metode yang tepat untuk mempermudah pemahaman dan mengingat nama-nama ilmiah. Demikian juga para siswa juga mengalami kesulitan memahami dan mengingat nama-nama ilmiah tersebut.

Sistematika atau klasifikasi adalah salah satu cabang biologi yang secara khusus mengkaji pengelompokan makhluk hidup. Makhluk hidup dikelompokkan berdasarkan banyak sedikitnya persamaan dan perbedaan yang dimiliki. Semakin banyak persamaan yang dimiliki berarti mahkluk hidup tersebut memiliki hubungan kekerabatan yang lebih dekat. Demikian juga sebaliknya, bila persamaan ciri yang dimiliki lebih sedikit berarti hubungan kekerabatannya juga lebih jauh. Tujuan dari klasifikasi makhluk adalah untuk mempermudah dalam objek studi.

Di samping itu, dengan diberinya nama ilmiah untuk semua jenis makhluk hidup, maka akan memberikan pengertian yang sama untuk suatu objek. Misalnya, ketela pohon yang memiliki berbagai nama seperti bodin, pohong, ubi kayu dan lain-lain, mempunyai nama latin Manihot utilissima. Nama Manihot utilissima ini bersifat internasional. Jadi orang manapun tidak akan salah memahami objek tersebut.

Dalam klasifikasi makhluk hidup telah dibuat takson-takson atau urutan tingkatan kelompok. Dari yang paling tinggi ke yang terendah untuk sistematika tumbuhan adalah sebagai berikut: Kingdom, Divisio, Class, OrdoFamili, Genus dan Species. Masing-masing takson tersebut terkadang memiliki sub takson, misalnya untuk Ordo mungkin ada sub ordo atau seper ordo. Untuk sistematika hewan secara umum sama dengan tumbuhan, hanya saja untuk istilah Divisio adalah Fillum.

Makhluk hidup yang berada dalam satu takson Ordo memiliki persamaan ciri tertentu, dalam hal ini jumlah persamaan ciri yang dimiliki lebih banyak dibandingkan makhluk hidup dalam satu takson Class. Artinya, organism yang sama ordonya sudah pasti berada dalam satu takson Class, sedang makhluk hidup yang berada dalam satu takson Class, belum tentu berada dalam satu ordo.