Rekrut 1.801 PPDP

1253

RADARSEMARANG.COM, TEMANGGUNG – Untuk memastikan warga Temanggung yang sudah berusia 17 tahun terdaftar dalam daftar pemilih sementara (DCS) dan daftar pemilih tetap (DCT) dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018, diperlukan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP).

Saat ini, KPU Temanggung tengah melakukan rekrutmen terhadap petugas tersebut. “Saat ini sedang dalam proses rekrutmen PPDP. Rekrutmen sendiri berlangsung sejak 17 Desember hingga 17 Januari,” ucap Komisioner KPU Kabupaten Temanggung Divisi Perencanaan dan Data Agus Istanto, kemarin.

Agus menjelaskan, di Temanggung ada 1.801 tempat pemungutan suara (TPS) tersebar di 20 kecamatan dan di setiap TPS harus ada satu petugas PPDP. “Jadi, dalam rekrutmen PPDP pilkada 2018 kali ini, kita membutuhkan 1.801 orang,” ungkapnya.

Agus menambahkan, petugas PPDP betugas untuk memastikan bahwa dalam proses sinkronisasi data, daftar dalam DP4 dan DPT pemilihan terakhir sesuai dan benar adanya. Dalam proses tersebut, petugas PPDP juga harus bertemu langsung dengan calon pemilih. Seperti, harus mencoret warga yang tidak memenuhi syarat (TMS) sebagai pemilih atau warga yang sudah berubah status menjadi TNI ataupun Polri. Juga, mereka yang sudah meninggal, belum 17 tahun dan belum menikah.

“Petugas PPDP ini kami rekrut dari masyarakat sekitar TPS. Tidak ada tes khusus untuk jadi petugas PPDP, yang terpenting mau, bersedia bekerja sebagai petugas PPDP dan bertanggung jawab,” pungkasnya. (san/lis)