Rustriningsih Masih Pantas Maju

720
Rustriningsih (ISTIMEWA)
Rustriningsih (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.COM – MANTAN Wakil Gubernur Jateng periode 2008-2013 dinilai masih pantas maju di bursa Pilgub Jateng, 2018 mendatang. Dia bisa berkolaborasi dengan Sudirman Said untuk merontokkan dominasi PDIP di Jateng.

Sepinya figur yang muncul menjelang Pilgub Jateng, membuat warga Jateng merindukan Rustriningsih untuk kembali terjun di kancah politik. Buktinya, beberapa waktu lalu, sekelompok warga dari kalangan nelayan dan petani, bertandang ke rumah Rustri di bilangan Gajahmungkur, Semarang. Mereka mendambakan Rustri bisa kembali mengurusi warga Jateng.

Pengamat Politik dan Pemerintahan dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, M Yulianto menilai, Rustri bakal punya peluang di Pilgub Jateng jika ‘dipinang’ Sudirman Said. “Kinerja dan prestasinya sudah jelas. Beliau memimpin Kebumen dua periode, ditambah mendampingi Pak Bibit memimpin Jateng dari 2008-2013,” terangnya, Minggu (31/12).

Jika dua figur itu bisa bersatu, dia menilai pasangan ini akan mempermudah kerja marketing partai pengusung ke masyarakat. “Bu Rustri masih cukup populer. Terlebih sudah tercatat sebagai salah satu tokoh perempuan Jateng. Selain itu, ketika menjadi pejabat, dia tidak pernah tersandung kasus korupsi,” imbuhnya.

Selain itu, Rustri mampu menjadi partner Sudirman dalam melakukan pembagian wilayah karena Jateng yang sangat luas. Misalnya, Sudirman menggalang suara di Jateng bagian Utara dan Rustrini Jateng bagian tengah dan selatan.

Jika Rustri ingin di-on-kan kembali, lanjutnya, partai pengusung dan relawan memerlukan energi besar. Untuk menggiring opini publik. Harus menghidupkan jaringan, partai pengusung harus meyakinkan publik, bahwa Rustri memiliki pengalaman dan kemampuan politik yang mumpuni.