Peta Politik Pilgub Bakal Berubah

Siang Ini, PDIP Umumkan Rekomendasi

945

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Peta politik diperkirakan bakal berubah setelah PDIP  mengumumkan pasangan calon (paslon) yang bakal diusung pada bursa Pilgub Jateng 2018 mendatang. Sebab, selama ini, parpol di luar PDIP seolah belum menentukan langkah sebelum tahu siapa yang bakal mereka lawan.

Pengamat Politik dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Teguh Yuwono, menilai, selama ini persiapan Pilgub Jateng tergolong sepi, karena PDIP, sebagai partai dominan di Jateng, belum menentukan sikap. Parpol lain pun seakan masih menunggu nama-nama yang bakal diusung PDIP untuk mematangkan strategi.

Dari pengamatannya, calon incumbent punya peluang 80 persen untuk kembali dipilih menjadi pemimpin daerah. Tapi, PDIP belum menentukan apakah calon petahana yang akan diajukan atau nama lain.

“Yang terjadi, koalisi pengusung Sudirman Said (Gerindra, PAN, PKS) belum menungumumkan siapa wakilnya. Koalisi poros tengah (Golkar, Demokrat, PPP) juga belum pasti akan menjadi poros baru. Bahkan belum menentukan calonnya,” kata Teguh, Rabu (3/1).

Tidak heran jika peta Pilgub di Jateng tidak seramai Pilgub Jabar dan Jatim. Selain alasan karena masih saling menunggu, Jabar dan Jatim tidak ada incumbent. “Jadi, starting point-nya beda,” ujarnya.

Jika Kamis (4/1) siang ini, PDIP benar-benar mengumumkan paslon yang akan diusung, bukan tidak mungkin koalisi pengusung Sudirman Said dan koalisi poros tengah akan langsung menentukan langkah.

Di lain pihak, Sekretaris DPD PDIP Jateng, Bambang Kusriyanto atau yang akrab disapa Bambang Kribo mengatakan, tiket emas Pilgub Jateng bakal diberikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri hari ini di kantor DPP PDIP Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 58 Menteng, Jakarta Pusat.

Pada acara itu, sejumlah petinggi partai pun diundang. Seperti Ketua, Sekretaris, Bendahara DPC PDIP se -Jateng, serta Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PDIP Jateng.

Krebo mengungkapkan, pengumuman oleh Ketua Umum itu nantinya adalah satu pasangan calon. Namun ia belum mengetahui, apakah bakal calon wakil gubernur itu dari internal partai ataukah dari luar. Termasuk siapa yang mendapatkan rekomendasi sebagai bakal calon gubernur maupun wakil gubernur, Krebo juga mengaku belum mengetahuinya. “Yang pasti, rencana pengumuman Kamis besok (hari ini), undangannya  pukul 13.00,” katanya.

Untuk pengumuman bakal calon bupati/wali kota dan wakil bupati/ wali kota, lanjutnya, nantinya akan diumumkan di Panti Marhaen kantor DPD PDIP Jateng di Semarang. Pengumuman akan dilakukan pasca pengumuman rekomendasi cagub-cawagub.

“Jadi setelah pengumuman calon gubernur dan wakil nanti disusul pasangan calon di tujuh kabupaten/kota, tapi di Panti Marhaen. Rencananya kalau tidak ada halangan, satu hari setelahnya, nanti kita undang semua bakal calon ke Panti Marhaen,” tegasnya. (amh/aro)